Pengertian dan Sejarah Internet

Apa itu internet ? apa pengertian internet itu sendiri, manfaat internet, dampak yang ditimbulkan adanya internet, serta sejarah internet itu sendiri seperti apa. Semua itu mungkin akan muncul dibenak anda ketika ingin lebih jauh mengenal internet, seperti yang kita tahu sekarang ini manusia urban yang modern tak terlepas dengan internet, saking dekatnya internet dengan manusia membuat ketergantungan tersendiri terhadap teknologi internet yang semakin hari semakin pesat perkembangannya, tidak bisa dibayangkan 50 tahun atau 100 tahun lagi perkembangan internet seperti apa, tapi yang jelas manusia modern tidak akan lepas dengan internet dalam melakukan aktifitas-aktifitas sehari-hari.

Secara detail pengertian internet mungkin akan lebih sulit di jelaskan dengan kata-kata, namun meskipun begitu kehadiran internet sangat berpengaruh terhadap pola pikir manusia, bayangkan saja sekarang ini hampir semua aktifitas bisa dilakukan melalui internet, fungsi internet tidak hanya untuk kalangan-kalangan tertentu saja, melainkan hampir menjulur ke semua element masyarakat ; dari segi bisnis, hukum, kesehatan, edukasi/pendidikan, hiburan, pusat informasi, dan berbagai bidang lainnya semuanya bisa didapat melalui internet.

Pengertian Internet
Internet adalah singkatan dari kata Interconnection Networking, yang berarti
seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia (wikipedia). 
Namun begitu internet tidak hanya bisa di akses melalui Komputer PC saja, melainkan semua perangkat yang terhubung melalui satelit, melalui pertukaran paket data membuat internet bisa di akses di beberapa jenis perangkat elektronik.
Sejarah Internet Dunia
Menurut sumber yang penulis peroleh dari wikipedia, sejara internet dunia pertama kali dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Pengertian Internet dan Sejarah Internet di Indonesia
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Maka dari itu ARPANET "sebutan internet waktu itu" dibedakan manjadi dua macam, yakni "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas yang ada di amerika serikat. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Sejarah Internet di Indonesia
di Indonesia itu sendiri sejarah internet dimulai pada tahun 1990-an, bisa di bilang internet merupakan teknologi yang mudah dan relatif baru mengingat usianya yang baru kisaran 20an tahun di Indonesia yang pada mulanya lebih di kenal dengan sebutan paguyuban network, yang pada waktu itu lebih mementingan pauyuban dan gotong royong, namun seiring perkembangannya perkembangan internet di Indonesia memasuki fase baru untuk keperluan individu dan komersial misalnya. Yang mana pada tahun 1988 untuk mengakses internet memanfaatkan teknologi CIX dari UK dan Compuserve dari US.

Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia
Mengenai service provider indonesia pertama kali yang ada di indonesia pada tahun 1994 ialah IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up.
Demikian pengetian internet dan perkembangan internet di Indonesia dari masa kemasa yang selalu mengalami perubahan yang cukup signifikan hingga sekarang ini, mengingat di Indonesia sendiri internet masih relatif baru sehingga jangan heran untuk kecepatan akses internet di Indonesia masih relatif lamban dan masih kalah dengan negara-negara maju lainnya. dan harapanya kedepan teknologi internet bisa dimanfaatkan masyarakat indonesia secara maksimal denga biaya akses yang terjangkau.
Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Internet
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet_Indonesia

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di TauPintar Blog
Blog, Updated at: 20:21
Posted by: Neci Purwanda TauPintar Blog Updated at : 20:21

3 comments:

  1. terimakasih banyak, sangat membantu sekali...

    ReplyDelete
  2. Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang sejarah Internet, semoga dapat saling melengkapi

    Sejarah dan Perkembangan Internet di Indonesia dan Dunia (Lengkap)

    ReplyDelete

Silahkan beri komentar dengan bijak dan sesuai dengan topik artikel.
Gunakan tombol balas dibawah komentar terkait jika ingin membalas komentar agar komunikasi lebih terstruktur.
Klik untuk melihat kode :) :( :s :D :-D ^:D ^o^ 7:( :Q :p T_T @-@ :-a :W *fck* :ngakak |o| :goodluck :smile

Follow & Dapatkan Artikel Terbaru Dari TauPintar Blog

Powered by Blogger.